Pesona Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul: Rute dan Harga Tiket 2022

Pesona Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul: Rute dan Harga Tiket 2022

Alamat Balong, Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta, 55883
Telepon 0274 – 587486
Jam Buka 24 Jam
Harga Tiket Masuk Rp 5.000,- / orang

Media sosial dan fotografi saat ini mampu mendongkrak kepopuleran destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Tidak sedikit tempat wisata yang semakin digandrungi karena kedua faktor ini. Destinasi wisata alam pun tak luput darinya. Kalian bisa melihat salah satu keindahan eksotisnya Pantai Watu Lumbung. Keindahan pantai wilayah Gunung Kidul Yogyakarta memang tidak akan pernah habis untuk diceritakan.

Pantai Watu Lumbung memiliki bentuk berupa tanjung dengan tebing curam, bebatuan karang mendominasi dan menjadikannya begitu eksotis. Terdapat dua batu karang besar yang menjadi maskot dengan ukuran sangat besar mirip dengan bentuk lumbung padi, inilah yang disebut dengan Watu Lumbung.

Pantai ini memiliki karakteristik yang berbeda dari pantai-pantai Jogja lainnya. Biasanya kita akan disuguhkan dengan hamparan pasir yang bersih dan cantik, namun di sini kamu akan melihat keberadaan batu karang yang indah, menyebar hampir sepanjang bibir pantai. Untuk mencapai lokasi membutuhkan energi ekstra.

Kamu bisa mendirikan tenda di sini dan bersantai sambil menikmati keindahan pemandangan di sekitaran pantai. Apalagi saat senja, menjadi pilihan yang tempat untuk menikmati sunset bersama orang terkasih.

Rute Menuju Pantai Watu Lumbung

Watu Lumbung berlokasi di Area Hutan, Desa Balong Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul. Jika dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa mengambil rute ke arah Wonosari, Balong dan nantinya tiba di Pantai Watu Lumbung.

Sedangkan untuk jalur lain, kamu bisa melewati Semanu, saat berada di pertigaan Pasar Jepitu, ambillah jalur kanan menuju Wediombo.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lumbung

Retribusi ke Watu Lumbung tergolong sangat murah. Hanya dengan mengocek uang masuk sebesar Rp 5.000,- per orang, kalian bisa menikmati hamparan alam nan indah. Tiket ini pun sudah termasuk akses menuju pantai lain seperti Pantai Jungwok, Wedi Ombo, Pantai Kukup dan lainnya.

Di samping itu, untuk kendaraan akan dikenakan biaya parkir, Rp 3.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Jam Buka

Kawasan wisata ini dibuka 24 jam untuk umum. Namun, tidak disarankan berkunjung saat matahari tenggelam atau sudah gelap. Sebab akses jalannya belum sepenuhnya bagus jadi akan sulit ditempuh di malam hari.

Spot Foto

Keindahan pantai ini tidak hanya memikat masyarakat lokal, nelayan dan tentunya para pemburu foto media sosial. Jika kamu kesini pastikan kamera atau smartphone mu memiliki ruang kosong atau memori yang banyak dan baterai yang penuh.

Fasilitas

Untuk fasilitasnya sendiri, cukup menunjang aktivitas wisata. Di mana tersedia lahan parkir, wc umum, kamar mandi, warung makan, mushola dan area kemah.

 

Wisata Alam, Goa dan Pantai