November 29, 2022
Batik Khas Bantul

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap mendukung perwujudan Kota Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia sesuai usul Dewan Kerajinan Nasional DIY beberapa waktu lalu. Menurut Kepala Disbudpar Bantul Bambang Legowo, Jogja mejadi bagian penting dari batik karena akar budayanya paling dalam dan paling lama, dan Bantul secara culture ada sejarah mengenai batik.

Dekranasda DIY mengusulkan Yogyakarta ke Dewan Kerajinan Dunia sebagai Kota Batik Dunia bersaing dengan lima negara di Asia Pasifik, dan beberapa waktu lalu tim Dewan Kerajinan Dunia meninjau sentra batik tulis Giriloyo, Wukirsari, Bantul, sebagai bagian dari penilaian. Menurut Bambang, Batik Bantul memang ada sejarahnya, oleh karena itu Bantul menjadi bagian penting dari Jogja untuk kesenian batik dan budaya batik.

Sementara itu, berkaitan dengan persiapan kabupaten untuk mendukung Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia, sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Bantul yang membudayakan memakai batik. Hal-hal yang berkaitan dengan batik di Bantul antara lain seperti Bantul punya museum batik, terdapat beberapa sentra batik, bahkan sekarang ini mulai merambah hampir di semua desa mempunyai perajin batik.

Dengan demikian, jika Yogyakarta yang wilayahnya juga meliputi Bantul keluar sebagai pemenang, maka dampaknya sangat besar, terutama di sektor perekonomian masyarakat maupun kalangan perajin batik di daerah ini. Apalagi Bantul sudah ada budaya batik, karena hampir setiap orang bisa membatik, jadi memang wajar kalau Bantul menjadi bagian penting dari batik.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul, Sulistyanto sebelumnya mengatakan, sebagian besar perajin batik yang ada di DIY ini berasal dari Bantul, dan sentra batik tulis Giriloyo Kecamatan Imogiri sebagai salah satu penghasil batik. Sulistyanto berharap Yogyakarta berhasil mewujudkan Kota Batik Dunia, karena dampaknya luar biasa, terutama bagi para pembatik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *