Jalan-jalan ke Pantai Depok Yogyakarta

Pengalaman wisata ke pantai depok yogyakarta. Tempat yang paling enak untuk wisata kuliner makanan laut di Jogja.

Pagi-pagi dibangunkan istri sambil bilang "Ayah, ke pantai yuk!". Saya berfikir sejenak sambil mencoba membuka mata yang masih kriyip - kriyip. Karena sudah lama tidak pergi ke pantai, akhirnya saya setuju dan berangkatlah kami sekeluarga ke pantai.

Pantai yang kami pilih adalah Pantai Depok, salah satu pantai di yogyakarta yang terletak bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini kami pilih karena letaknya yang tidak terlalu jauh dan disana tersedia aneka macam masakan kuliner, terutama kepiting. Menurut pengalaman saya, masakan kepiting yang paling enak di Jogja, ya di Pantai Depok ini, mungkin karena masih segar saat di masak.

Persiapan sudah siap. Jam 8 pagi kami berangkat. Meski berbarengan dengan libur panjang Paskah, perjalanan cukup lancar. Dari rumah kami di Godean, kami melewati Ring Road Selatan, lalu belok kanan ke Jalan Parangtritis. Setelah itu lurus saja. Di jalan kami sering berpasasan dengan rombongan motor CB, dan ternyata memang sedang berlangsung acara komunitas CB se-Indonesia di pantai Parangtritis.

Tak terasa 30 menit kami sampai di gerbang masuk ke Pantai Parangtritis. Eits.. kami ga masuk lewat situ. Untuk menuju ke Pantai Depok kami belok ke kanan mengikuti petunjuk arah yang ada, lalu lurus aja mengikuti jalan. Di gerbang masuk sudah ada petugas tiket yang menunggu. Biaya tiket cukup murah, cuma 20 ribu untuk 4 orang.

Yang pertama kami lakukan adalah ke Pasar Ikan Segar. Di pasar ini, kamu bisa belanja berbagai macam ikan, udang dan kepiting. Karena istri sedang gendong adik bayi, terpaksa saya sendiri yang belanja. Beli kepiting aja deh, soalnya kalau beli ikan gak tau mana yang bagus.. hehehe. Harga kepiting cuma 70 ribu per kilo (1 kilo dapat 7-8 ekor). Memang sedang tidak musim, jadi kepitingnya kecil-kecil :(

Beli ikan di Pantai Depok Yogyakarta

Biar hemat waktu, sekalian belanja oleh-oleh udang dan ikan goreng, yang dijual di kios-kios kecil di sekitar pasar.

Abis belanja, kami parkir. Pantai Depok dilengkapi dengan fasilitas parkir yang sangat luas, jadi ga perlu kawatir. Disamping tempat parkir juga ada masjid, kalau mau sholat langsung aja ya.

Setelah menginjakan kaki dipantai kami menuju rumah makan untuk memasak kepiting yang kami beli tadi. Langganan saya, Rumah Makan Mak Asih, tempatnya di depan pantai. Di sana, jika kamu beli sendiri makanan laut yang masih mentah akan di tanya mau dimasak apa. Ada berbagai macam jenis masakan seperti bakar, goreng, rebus, saus padang, asam manis, goreng tepung dll. Jika tidak beli sendiri di pasar bisa juga kok langsung pesan di sini. Tinggal pilih aja dari menu.

Sambil menunggu masakan matang, kami bermain di pantai. Pantai Depok termasuk pantai dengan ombak yang cukup tinggi, jadi aktivitas mandi sebaiknya dihindari. Tapi meski sudah diperingatkan, masih ada yang bandel hehehe.. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah naik ATV atau foto-foto di perahu nelayan.

Sayang seribu sayang, Azka baru kena ombak sedikit sudah menangis. Mungkin takut karena ombaknya besar. Untung, bisa saya neng neng setelah menangkap kepiting kecil yang kadang muncul saat ombak datang.

Masakan sudah matang. kami kembali ke rumah makan. Masakan yang kami pesan kepiting saus padang, ikan cakalang bakar, udang goreng tepung sama tumis kangkung. Langsung hajar pokoknya..

Rasa masakan lautnya begitu mak yus.. sampe kekenyangan. :)

Hari sudah siang, kami mulai kembali pulang ke jogja. Sebenarnya mau main ke Pantai Parangtritis, tapi karena membawa bayi kecil, kami batalkan.

Buat kamu yang berlibur di Jogja. Jangan lupa mampir ke Pantai Depok ya, dijamin lidah kamu akan bergoyang dengan masakan kuliner yang nendang disini.