12 Daftar Oleh Oleh Khas Jogja yang Wajib Dibeli

Inilah 12 daftar oleh oleh khas Jogja yang wajib dibeli, diantaranya bakpia, gudeg, yangko, geplak dan batik yogyakarta.

Oleh oleh Makanan Khas Jogja

Memang seru jalan-jalan di kota Yogyakarta! Berlibur di berbagai tempat wisata menarik di Jogja atau menggoyang lidah dengan masakan kuliner Jogja yang nikmat.

Namun setelah libur berakhir, tiba waktunya untuk pulang. Tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Jogja. Kota Pelajar ini memang memiliki keragaman oleh-oleh yang unik dan berkesan. Simak daftar 12 oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibeli berikut ini:

Oleh oleh Makanan Khas Jogja

  1. Gudeg
    Gudeg telah menjadi bagian dari keistimewaan Yogyakarta. Kuliner jogja dari nangka muda yang dimasak dengan santan ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering lebih tahan lama sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Inovasi terbaru sekarang ada gudeg kaleng yang bisa tahan selama 1 tahun. 
  2. Bakpia
    Siapa yang tidak kenal bakpia. Kue kecil ini pada awalnya dibuat dari kacang hijau saja, tetapi sekarang telah tersedia dalam berbagai varian rasa. Daerah penghasil bakpia terbesar di jogja adalah Patuk, sekitar 1 KM selatan Jalan Malioboro.
  3. Geplak
    Kue manis ini berasal dari Bantul. Terbuat dari kelapa, gula, dan tepung beras dengan warna yang mencolok sangat menggugah selera.
  4. Yangko
    Jajanan khas Kotagede ini terbuat dari tepung beras ketan memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya manis legit seperti kue moci.  
  5. Salak Pondoh
    Salak khas jogja memiliki bentuk yang  relatif lebih kecil namun rasanya sangat manis. Salak ini banyak dibudidayakan di daerah lereng Merapi.
  6. Coklat Monggo
    Monggo dalam bahasa jawa berarti "Silahkan". Coklat ini memberikan cita rasa ala coklat Belgia dengan bahan-bahan dari Indonesia.

Oleh Oleh Khas Jogja

Oleh oleh Seni Khas Jogja

  1. Batik
    Oleh oleh khas Yogyakarta yang paling penting adalah batik. Batik merupakan seni yang tidak bisa dipisahkan dari Kota Yogyakarta. Batik telah diolah menjadi beragam produk fashion yang sangat layak untuk dijadikan cindera mata. Tempat paling mudah untuk membeli batik adalah di Pasar Beringharjo. Namun jika kamu tidak sempat mampir, bisa membelinya secara online di BatikUnik.com, toko online batik yang telah melayani lebih dari 15 ribu pelanggan.
  2. Blangkon
    Blangkon dikenal dalam tradisi Jawa sebagai penutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria.
  3. Kerajinan Perak
    Kotagede dikenal sebagai pusat kerajinan perak di Yogyakarta. Disana terdapat banyak showroom yang menjual beragam kerajinan perak yang unik.
  4. Baju Surjan
    Baju surjan terbuat dari bahan lurik dan merupakan baju resmi bagi pria dalam budaya Jogja.
  5. Kaos Plesetan
    Kaos plesetan lucu yang telah melekat sebagai brand wisata Yogyakarta ini dijamin membuat anda tertawa.
  6. Gerabah Kasongan
    Desa Kasongan menawarkan aneka kerajinan tembikar / gerabah yang tidak boleh dilewatkan. Terletak di 4Km di bagian selatan pusat kota.