Ulang Tahun Yogyakarta ke-254

Puncak perayaan hari jadi Yogyakarta ke-254 tahun ditutup dengan Yogja Java Karnival.

Puncak perayaan hari jadi Yogyakarta ke-254 tahun ditutup dengan Yogja Java Karnival. Acara yang digelar Sabtu (16/10) malam berlangsung meriah. Mulai dari Jalan Malioboro hingga Alun-Alun Utara Yogyakarta berubah menjadi panggung berjalan bagi para perserta karnaval. Berbagai warna lampu penerangan dipasang untuk menambah kemeriahan acara.

Lebih 1000 peserta dari berbagai komunitas hoby dan seni terlibat di acara tersebut. Tak hanya seniman lokal saja, sejumlah pelaku seni perwakilan dari sejumlah negara turut hadir meramaikan karnaval, di antaranya dari Thailand yang menampilkan Tarian Putri Cantik dengan pakaian Khas Thailand.

Mereka berjalan melintasi Jalan Maliboro hingga Alun-Alun Utara Yogyakarta dengan disaksikan puluhan ribu warga. Di depan panggung kehormatan di Alun-Alun Utara Yogyakarta, masing-masing perserta berpentas sebelum mereka membubarkan diri.

Acara puncak perayaan hari jadi Yogyakarta tersebut kemudian ditutup dengan pentas kembang api yang disaksikan oleh seluruh perserta dan warga yang hadir. Masyarakat mengaku senang dan terhibur dengan digelarnya acara Yogja Java Karnival itu.

Pasalnya, acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Yogyakarta baru kali pertama digelar besar-besaran. Diharapkan, dengan adanya karnaval itu, menjadi daya tarik wisata bagi para turis. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Daerah Istimewa Yogyakarta berencana menjadikan Yogya Java Karnival sebagai agenda wisata Kota Pelajar itu untuk tahun-tahun mendatang.

© Gambar: studioaji.blogspot.com