"Si Thole" Kendaraan Wisata Kraton Jogja

Kendaraan wisata Kraton Jogja berupa minibus dan diberi julukan Si Thole.

Image

Kendaraan wisata Kraton Jogja berupa minibus dan diberi julukan "Si Thole". Hamam Arif Romas, Manager Shuttle Wisata Kraton, mengungkapkan filosofi penamaan "Si Thole" sebagai brand yang akan melekat pada body mobil. Hamam mengatakan bahwa "Thole" merupakan panggilan kesayangan orang tua ke anak laki-lakinya, sehingga diambil filosofi nama itu agar mudah diingat oleh masyarakat maupun wisatawan.

Menurut Hamam, untuk menemukan nama brand itu tidak begitu sulit, hanya membutuhkan waktu kira-kira lebih dari seminggu.

Setelah nama brand itu ditentukan, pihak Forum Komunikasi Kawasan Alun-Alun Utara (FKKAU) lalu membrandingnya di body mobil. Mobil "Si Thole" ini berwarna hijau, lalu pada bodynya ada logo Si Thole, Shuttle wisata Jeron Beteng.

Pemilihan warna hijau itu sendiri diidentikkan dengan semangat Segoro Amarto Yogyakarta. Sehingga harapannya para pelaku pariwisata bisa menjadikan kendaraan tersebut sebagai angkutan yang bersahabat bagi wisatawan.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta siap melakukan ujicoba kendaraan wisata rute jeron beteng atau kawasan Kraton Yogyakarta. Rencananya, ujicoba akan dilaksanakan pada hari ini, Jum'at 28 November 2014. Pihak FKKAU sudah menyiapkan 5 unit minibus sebagai kendaraan wisata saat proses ujicoba. Tiap bus mampu menampung 6 penumpang. Rute yang akan ditempuh ialah Parkir Ngabean, Alun-Alun Utara, Ngasem, Tamansari dan kembali ke Parkir Ngabean.

FKKAU sebagai operator shuttle wisata menerapkan beberapa skema tarif untuk kendaraan wisata di sekitar Kraton Jogja. Untuk sekali jalan ke tujuan akan dikenakan tarif Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk tiga kali naik shuttle wisata.

Sumber: www.jogja.co